A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/luthfans/public_html/smpnegeri161jakarta.sch.id/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/luthfans/public_html/smpnegeri161jakarta.sch.id/index.php
Line: 315
Function: require_once

INFO PPDB 2020 - 2021 | SMP Negeri 161 Jakarta

SMP Negeri 161 Jakarta

JL. Delman Utama 1 Tanah Kusir Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Berbekal tulus rasa memiliki dan ikhlas berkorban dalam berjuang Mengukir prestasi.

INFO PPDB 2020 - 2021

Selasa, 19 Mei 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 8186 Kali

 

Persyaratan, Mekanisme dan Jadwal PPDB

 


 

 


Screenshot_180
Screenshot_182
Screenshot_184
Screenshot_186
Screenshot_181
Screenshot_183
Screenshot_185
Screenshot_187

 

 

 

 

  1. Ketentuan
  1. Calon Peserta Didik Baru yang dapat mengikuti Jalur Afirmasi adalah:
    • a)   Anak Asuh Panti;
    • b)   Pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) atau Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus);
    • c)   Anak dari Pemegang Kartu Pekerja Jakarta;
    • d)   Anak dari Pengemudi Jak Lingko;
    • e)   Anak Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan;
    • f)    Anak yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial; dan
    • g)   Anak Para Tenaga Kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.
  2. Warga Provinsi DKI Jakarta, dibuktikan dengan Kartu Keluarga atau Kartu Keluarga Panti yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta dan tercatat dalam sistem data kependudukan paling lambat 1 Juni 2019, khusus Kartu Keluarga Panti paling lambat 1 April 2020.
  3. Jalur Afirmasi untuk Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari Anak Asuh Panti, Anak Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan dan Anak Para Tenaga Kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19 dilaksanakan lebih awal dan dikecualikan dari kuota daya tampung.
  4. Jalur Afirmasi untuk jenjang SD bagi Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari Anak Pemegang Kartu Pekerja Jakarta, dan Anak Pengemudi Jak Lingko disediakan kuota 25% (dua puluh lima persen) dari daya tampung kedua. Penghitungan jumlah kursi dilakukan dengan pembulatan keatas.
  5. Jalur Afirmasi untuk jenjang SMP dan SMA bagi Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari Pemegang KJP/KJP Plus, Anak dari Pemegang Kartu Pekerja Jakarta, dan Anak dari Pengemudi Jak Lingko disediakan kuota 25% (dua puluh lima persen) dari daya tampung kedua. Penghitungan jumlah kursi dilakukan dengan pembulatan keatas.
  6. Jalur Afirmasi untuk jenjang SMK bagi Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari Pemegang KJP/KJP Plus, Anak dari Pemegang Kartu Pekerja Jakarta, dan Anak dari Pengemudi Jak Lingko disediakan kuota 35% (tiga puluh lima persen) dari daya tampung kedua. Penghitungan jumlah kursi dilakukan dengan pembulatan keatas.
  7. Jalur Afirmasi khusus untuk SMK 61 Kabupaten Administrasi Kep. Seribu paling banyak 35% (tiga puluh lima persen) diperuntukkan bagi Calon Peserta Didik Baru yang berdomisili di Kabupaten Administrasi Kep. Seribu, ditunjukkan dengan Kartu Keluarga yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta dan tercatat dalam sistem data kependudukan paling akhir tanggal 1 Juni 2019.
  8. Anak Asuh Panti sebagaimana dimaksud pada angka 1 huruf a) di atas, dapat diterima di sekolah terdekat dengan Panti Sosial Anak Asuh Negeri atau Swasta.
  9. Anak Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan sebagaimana dimaksud pada angka 1 huruf b) di atas, dapat diterima di sekolah terdekat dengan tempat tinggalnya dan/atau tempat latihan olahraganya.
  10. Anak Para Tenaga Kesehatan yang meninggal dunia saat bertugas dalam penanganan Covid-19 di instalasi kesehatan di wilayah DKI Jakarta sebagaimana dimaksud pada angka 1 huruf g) dapat diterima di sekolah terdekat dengan tempat tinggalnya.
  11. Proses seleksi dan pengumuman hasil seleksi dilakukan dengan sistem daring melalui website ppdb.jakarta.go.id.
  1. Persyaratan Peserta
  1. memenuhi persyaratan usia sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Untuk jenjang SD:
      • Berusia 7 (tujuh) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun pada tanggal 1 Juli 2020; dan
      • Calon Peserta Didik Baru yang berusia paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli 2020 dapat mendaftar.
    • Untuk jenjang SMP, berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli 2020.
    • Untuk jenjang SMA dan SMK, berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli 2020.
  2. memiliki Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir:
  3. memiliki Nomor Induk Kependudukan yang tercatat dalam Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Keluarga Panti (KK Panti);
  4. memiliki Nilai Rapor SD/MI/Paket A kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester 1 (5 semester) untuk jenjang SMP;
  5. memiliki Nilai Rapor SMP/MTs/Paket B kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 semester 1 (5 semester) untuk jenjang SMA dan SMK;
  6. memiliki Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang ditandatangani oleh Kepala Panti Sosial Anak Asuh bagi Anak Asuh Panti bermaterai Rp. 6.000,-;
  7. memiliki Surat Keterangan yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan bagi Anak Para Tenaga Kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19 atau Surat Keterangan dari Pimpinan Instalasi Kesehatan tempat bertugas atau dari Instansi yang berwenang lainnya;
  8. tercantum dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pengangkatan Atlet Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan bagi Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari Anak Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan;
  9. tercantum dalam Berita Acara Serah Terima Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Dinas Sosial ke Dinas Pendidikan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari Anak yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial
  10. memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP) atau Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus) yang masih aktif bagi calon peserta didik baru yang berasal dari pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) atau Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus);
  11. memiliki Kartu Pekerja Jakarta bagi Anak dari Pemegang Kartu Pekerja Jakarta yang terdaftar dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta paling akhir tanggal 1 April 2020;
  12. memiliki Kartu Pengemudi Jak Lingko bagi Anak dari Pemegang Kartu Pengemudi Jak Lingko yang terdaftar dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan / atau Surat Keputusan dari Direksi PT Transjakarta paling akhir tanggal 1 April 2020; dan
  13. memiliki ijazah/surat keterangan lulus dari satuan pendidikan sebelumnya untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK.
  1. Pemilihan Sekolah Tujuan
  1. Bagi Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari Anak Panti dan Anak Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan, dan Anak Para Tenaga Kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19 di DKI Jakarta dapat mengajukan pilihan sekolah sebagai berikut :
    • a)   Untuk SD memilih 1 (satu) sekolah sesuai Jalur Zonasi berbasis Kelurahan;
    • b)   Untuk SMP memilih 1 (satu) sekolah sesuai Jalur Zonasi berbasis Kelurahan;
    • c)   Untuk SMA memilih 1 (satu) Peminatan sesuai Jalur Zonasi berbasis Kelurahan; atau
    • d)   Untuk SMK memilih 1 (satu) Kompetensi Keahlian tanpa dibatasi Zona.
  2. Bagi Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari Pemegang KJP/KJP Plus, Anak yang terdaftar dalam DTKS, Anak dari Pemegang Kartu Pekerja Jakarta, dan Anak dari Pemegang Kartu Jak Lingko dapat mengajukan pilihan sekolah sebagai berikut:
    • a)   Untuk SMP paling banyak 3 (tiga) sekolah sesuai Jalur Zonasi berbasis Kelurahan;
    • b)   Untuk SMA paling banyak 3 (tiga) Peminatan sesuai Jalur Zonasi berbasis Kelurahan; atau
    • c)   Untuk SMK paling banyak 3 (tiga) Kompetensi Keahlian tanpa dibatasi Zona.
  3. Pilihan 3 (tiga) Peminatan atau Kompetensi Keahlian sebagaimana tercantum pada butir 2 poin b) dan c) di atas, bisa diambil pada 1 (satu) Sekolah yang sama atau pada Sekolah yang berbeda.
  1. Pelaksanaan
  1. Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari Pemegang KJP/KJP Plus, Anak dari Pemegang Kartu Pekerja Jakarta, Anak dari Pemegang Kartu Jak Lingko dan Anak yang Terdaftar dalam DTKS dapat mengikuti PPDB di luar Jalur Afirmasi.
  2. Pengumuman hasil PPDB Jalur Afirmasi dilakukan secara daring melalui website ppdb.jakarta.go.id sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  3. Calon Peserta Didik Baru yang diterima di Sekolah tujuan, wajib melakukan lapor diri secara daring melalui website ppdb.jakarta.go.id.
  4. Calon Peserta Didik Baru yang sudah melakukan lapor diri tidak dapat mengikuti proses PPDB jalur lain.
  5. Apabila Calon Peserta Didik Baru tidak diterima di sekolah tujuan dapat mengikuti proses PPDB jalur lain.
  6. Apabila Calon Peserta Didik Baru diterima di sekolah tujuan tetapi tidak melakukan lapor diri sesuai jadwal yang ditentukan, hanya dapat mengikuti seleksi PPDB tahap akhir.
  7. Apabila Calon Peserta Didik Baru diterima di sekolah tujuan tetapi mengundurkan diri, maka tidak dapat lagi mengikuti proses PPDB di sekolah negeri.
  8. Bagi sekolah yang kuotanya masih tersisa, maka sisa kuota tersebut dilimpahkan ke PPDB jalur zonasi.
  1. Dasar Dan Cara Seleksi

Seleksi PPDB untuk Peserta Didik Baru yang berasal dari pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus), Anak Asuh Panti, Anak dari Pemegang Kartu Pekerja Jakarta, Anak dari Pengemudi Jak Lingko. Dalam hal jumlah Calon Peserta Didik Baru yang mendaftar melebihi daya tampung sekolah, maka seleksi PPDB dilakukan dengan urutan sebagai berikut:

  1. usia Calon Peserta Didik Baru;
  2. urutan pilihan sekolah; dan
  3. waktu mendaftar.
  1. Pengumuman dan Lapor Diri / Daftar Ulang
  1. Pengumuman dilakukan secara daring melalui website ppdb.jakarta.go.id sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  2. Calon Peserta Didik Baru yang telah dinyatakan diterima harus melakukan lapor diri secara daring melalui website ppdb.jakarta.go.id
  3. Bagi sekolah yang kuotanya masih tersisa, maka sisa kuota tersebut dilimpahkan ke PPDB Jalur berikutnya.
  1. Daftar Unduhan

 

 

 

  

 

  1. TULISAN TERKAIT